Berpergian dengan Mobil Bersama Anak

December 28, 2016
anakmobil.jpg

Berpergian dengan Mobil Bersama Anak

Hal yang perlu diperhatikan ketika bunda berpergian dengan mobil bersama anak, pasanglah car seat khusus bayi di kursi belakang mobil. dengan menggunakan kursi ini beserta sabuk pengamannya, bayi akan berada pada posisi yang aman selama berpergian dengan mobil. Apabila anak sudah lebih besar dan dapat duduk di kursi sendiri, dudukkan anak di kursi belakang dan pasangkan sabuk pengaman selama berada di dalam mobil.

Jangan lupa untuk membawa bantal travel ataupun bantal biasa saat perjalanan jauh. Untuk menghindari rasa bosan pada anak bunda dapat mengajak si kecil bermain permainan sederhana atau bernyanyi.

Untuk menghindari anak merasakan mabuk perjalanan bunda dapat melakukan beberapa hal berikut:

  • Tidak membiarkan perut kosong terlalu lama atau bahkan terlalu penuh. Berikan snack bila waktu makan terlalu jauh. Serta berikan minuman yang cukup agar anak tidak kekurangan cairan selama perjalanan.
  • Sebisa mungkin anak cukup tidur dan jangan sampai terlalu lelah dalam perjalanan. Kondisi lelah menyebabkan anak mudah merasa mabuk.
  • Coba berikan minyak kayu putih atau minyak aromaterapi lainnya pada tisu untuk dihirup anak. Jika tidak ada minyak tersebut bunda dpat mencoba dengan buah jeruk atau lemon, karena aromanya juga dapat mengurangi rasa mual.
  • Cobalah untuk menyetir cenderung konstan (jangan sering menginjak gas ataupun rem).
  • Bila si kecil mabuk bunda dapat bertukar tempat duduk dengan si kecil. Dudukan si kecil di kursi depan, hal ini kadang dapat membantu mengurangi rasa mabuk karena pemandangan yang lebih luas. Dapat juga dengan membuka kaca mobil, angin segar dapat mengurangi rasa mabuk.
  • Bila anak tidak nyaman dan semakin mual, usahakan menepi sebentar dan beristirahat ditempat yang tenang dan sejuk.

Diringkas dari tulisan dr. Marisa Pudjiadi, SpA, dkk

Comments

comments

Klinik Anak AP&AP Jakarta © 2019. Website oleh Equitiga.

×

Pelayanan via WhatsApp didalam jam kerja:
Senin sd Jumat pkl. 10.00 - 17.00 WIB
Sabtu pkl. 10.00 - 12.00 WIB
Minggu dan hari libur tutup.

× klik disini untuk chat