Diabetes pada Anak

November 23, 2016
diabetespadaanak.jpg

Pengobatan Diabetes pada Anak

Diabetes identik dikenal sebagai penyakit orang dewasa. Padahal, diabetes juga dapat dijumpai pada anak. Bahkan, jumlah pasien diabetes pada anak di dunia terus meningkat. Di Indonesia, angka kasus diabetes pada anak diperkirakan mencapai 0,3 per 100.000 anak per tahun. Pada tahun 2012 tercatat ada 816 kasus diabetes pada anak di Indonesia, sementara 3 tahun sebelumnya hanya ditemukan 156 kasus. Artinya peningkatan jumlah kasus diabetes pada anak mencapai 5 kali lipat dalam 3 tahun.

Diabetes dibagi menjadi beberapa tipe, yakni diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, diabetes pada kehamilan, serta diabetes tipe lain yang disebabkan kelainan tertentu. Diabetes tipe 1 adalah tipe yang sering dijumpai pada anak dan remaja. Penyakit ini timbul karena imunitas tubuh menghancurkan sendiri insulin yang diproduksi sel beta dari pankreas. Pemicunya bisa karena faktor genetik, infeksi virus, atau akibat sebab yang tidak diketahui. Pada diabetes tipe 1 tersebut, pankreas tidak dapat menghasilkan insulin sehingga untuk bertahan hidup pasien harus diberikan insulin dari luar dengan cara disuntikkan.

Tanda dan gejala pada diabetes tipe 1 seringkali tidak disadari oleh orangtua, sehingga pada banyak kasus anak baru terdiagnosa setelah mengalami komplikasi yang mengancam jiwa. Waspadai bila anak cepat lapar dan haus, sering buang air kecil, berat badan tidak pernah naik atau turun drastis, cepat lelah, atau mudah terkena infeksi jamur pada kulit. Segera periksakan anak ke dokter.

Comments

comments

Klinik Anak AP&AP Jakarta © 2019. Website oleh Equitiga.