Vaksin Influenza Disarankan Diberikan Setiap Tahun

May 1, 2015
influenza.jpg

Untuk membentengi diri agar tidak terserang virus influenza, setiap orang disarankan untuk melakukan vaksin influenza, terutama anak-anak, yang memiliki risiko terserang flu paling tinggi.

“Vaksin flu bisa menjadi pelindung paling baik terhadap flu dan komplikasinya. Vaksin ini juga dapat mencegah penyebaran flu terhadap orang sekitarnya,” kata dokter spesialis anak dari Rumah Sakit Medistra, Meida Tanukusumah

Vaksin flu yang beredar di Indonesia adalah vaksin flu inactivated (mati), tidak mengandung virus flu yang hidup dan diberikan secara suntikan. Sebelum usia dua tahun, vaksin influenza dapat diberikan dengan dosis setengahnya. Namun, setelah usia dua tahun, dosis vaksin bisa diberikan secara penuh.

“Vaksin flu juga harus diberikan setiap tahun karena virus flu selalu bertukar atau mutasi. Makanya, setiap tahun dibuat vaksin flu yang diperkirakan sesuai dengan jenis virus yang akan berjangkit pada tahun itu,” jelas Meida yang juga bekerja di AP&AP Pediatric, Growth, and Diabetes Center.

Meski vaksin flu tidak dapat mencegah semua jenis flu, namun vaksin flu inactivated dapat melindungi terhadap tiga atau empat jenis virus influenza. “Apabila telah divaksin, perlindungan akan bertahan selama beberapa bulan sampai satu tahun,” terang Meida.

Comments

comments

Klinik Anak AP&AP Jakarta © 2019. Website oleh Equitiga.

×

Pelayanan via WhatsApp didalam jam kerja:
Senin sd Jumat pkl. 10.00 - 17.00 WIB
Sabtu pkl. 10.00 - 12.00 WIB
Minggu dan hari libur tutup.

× klik disini untuk chat