Manfaat Susu Untuk Kesehatan Anak

April 20, 2017
21.04.17.jpg

Manfaat Susu Bagi Anak

 Susu merupakan minuman yang mampunyai banyak kandungan vitamin dan gizi. Ketika anak Anda enggan untuk mengkonsumsi makanan bergizi, maka susu bisa menjadi penunjang nutrisinya dan bahkan bisa meningkatkan nafsu makan. Ada beberapa manfaat susu untuk anak yang sangat penting dan sudah seharusnya Anda mengetahuinya.

Bermacam-macam nutrisi

Susu sapi, merupakan makanan yang mempunyai kalori cukup tinggi sehingga mampu menjamin perkembangan tubuh anak. Selain kalori yang melimpah, di dalam susu juga terdapat protein yang ampuh untuk memberikan energy kepada anak sepanjang hari. Kalsium yang ada di dalam susu tentu saja berkontribusi maksimal terhadap perkembangan tulang anak, dan masih ada beragam vitamin seperti vitamin A, dan B kompleks.

Susu juga  mengandung vitamin D yang baik untuk membantu membangun kekuatan tulang

Para peneliti menilai, anak-anak yang terbiasa mengonsumsi susu semenjak dini akan membawa kebiasaan sehatnya sampai usia tua nanti. Orang-orang usia lanjut yang sering mengonsumsi susu sejak dini juga memiliki mobilitas yang lebih baik, seperti adanya keseimbangan dalam tubuh.

The 2010 Dietery Guidline merekomendasikan dua gelas susu untuk balita usia dua sampai tiga tahun, 2 ½ gelas untuk anak-anak usia empat sampai delapan tahun, dan 3 gelas susu setiap hari untuk usia remaja dan dewasa. Konsumsi susu setiap hari saat sarapan adalah kesempatan ideal untuk membantu anak-anak Anda dalam memulai hari.

 

Berikut ini merupakan beberapa manfaat susu bagii anak seperti yang sudah kami rangkum dari beberapa sumber.

Sumber kalsium

Susu menyediakan  hingga 40 persen kandungan kalsium untuk kebutuhan seorang anak setiap hari. Dengan konsumsi susu yang teratur, mereka juga mampu terbebas dari osteoporosis yang mungkin saja menghampiri ketika mereka menua

Sebagai sumber protein

Agar pertumbuhan anak bisa berkembang dengan baik maka anak harus diberikan asupan protein yang cukup. Salah satu sumber protein terbaik bagi anak adalah susu, berikan mereka minum ini secara teratur untuk membantu proses tumbuh-kembang mereka.

Sebagai sumber energi

Seperti yang kita ketahui bahwa anak-anak suka bergerak kesana kemari, hal ini tentu dapat menguras energi mereka saat bermain. Untuk membantu mereka agar tetap aktif dibutuhkan energi cukup. Berikan makanan dan minuman yang menjadi sumber energi untuk mengimbangi aktifitas mereka.

Sumber lemak yang baik

Bukan hanya protein dan kalsium, anak kecil juga membutuhkan lemak untuk mendukung perkembangan tubuh dan otak mereka. Susu termasuk dalam minuman yang bisa kita jadikan sebagai sumber lemak bagi anak.

Baik untuk pertumbuhan gigi

Gigi juga membutuhkan kalsium yang cukup agar tetap sehat dan kuat. Kalsium sangat dibutuhkan anak yang sedang dalam masa tumbuh-kembang.

Kekurangan kalsium dapat membuat tulang dan gigi mereka tidak sekuat anak lainnya. Salah satu sumber kalsium terbaik untuk anak diantaranya susu., berikan mereka susu secara teratur untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian mereka.

Meningkatkan kecerdasan

Satu gelas susu setiap hari mampu memberikan tingkat kecerdasan yang baik, daya memori yang kuat, serta tumbuh kembang sel otak. Sehingga, tidak heran banyak dokter yang menyarankan orang tua untuk memberikan anak mereka satu gelas susu setiap pagi.

Bila Anda hendak mengkonsumsi susu, sebaiknya Anda tidak menggunakan susu kental manis karena susu jenis ini kandungan nutrisinya lebih rendah akibat proses pembuatannya juga banyak mengandung lemak dan gula yang kurang baik untuk tubuh. Konsumsi susu yang dianjurkan adalah 3 porsi setiap hari.

 

Oleh : Retno Muji Muliany, S.Gz, RD.

 

10 Manfaat Susu Untuk Kesehatan Tubuh

http://www.infojajan.com/artikel/manfaat-susu-bagi-anak

Manfaat Susu Bagi Anak

Comments

comments

Klinik Anak AP&AP Jakarta © 2019. Website oleh Equitiga.

×

Pelayanan via WhatsApp didalam jam kerja:
Senin sd Jumat pkl. 10.00 - 17.00 WIB
Sabtu pkl. 10.00 - 12.00 WIB
Minggu dan hari libur tutup.

× klik disini untuk chat