Memperingati Hari Diabetes Nasional 18 April 2019

April 20, 2019

Jenis DM.jpg

 

WASPADA DIABETES MELITUS

Diabetes Melitus (DM) adalah suatu kondisi gangguan metabolik tubuh dimana gula darah yang beredar di tubuh melebihi normal. Penyakit ini bersifat kronik dan berpotensi menyebabkan komplikasi yang berbahaya.

dokter-aman.jpg

Diabetes Melitus (DM) lebih dikenal sebagai penyakit yang banyak terjadi pada orang dewasa. Namun, pada kenyataannya DM dapat terjadi pada anak – anak dan kondisi DM dapat mengganggu tumbuh kembang anak.

Berdasarkan data, jumlah anak yang menderita DM pada tahun 1980 sebanyak kurang dari 100 anak.   Jumlah ini terus bertambah hingga tercatat sekitar 1000 anak menderita DM pada tahun 2014. Hal ini terjadi karena lebih terpaparnya awam tentang kondisi DM pada anak.

1.jpg

Pada dasarnya, ada 2 jenis DM yang paling banyak terjadi pada anak – anak, yaitu Diabetes Tipe 1 dan Diabetes Tipe 2. Diabetes Tipe 1 terjadi karena sel beta pankreas tubuh yang tidak mampu berfungsi secara baik untuk memproduksi insulin yang bertugas mengatur gula darah dalam tubuh. Oleh karena itu, DM Tipe 1 dikontrol dengan pemberian insulin.

Sedangkan, pada DM Tipe 2, kadar insulin yang diproduksi tubuh normal namun terjadi resistensi insulin. Hal ini biasanya disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat dan kondisi obesitas. Oleh karena itu, pengaturan pola hidup yang sehat dan seimbang dapat membantu mengontrol kondisi DM Tipe 2.

Comments

comments

Klinik Anak AP&AP Jakarta © 2019. Website oleh Equitiga.