CGM: Continuous Glucose Monitoring

November 2, 2017
Publication1-1200x1193.jpg

CGM: Continuous Glucose Monitoring

Teknologi Tinggi Pemantau Gula Darah Pada Anak Dengan Diabetes (Part 1)

 

Dalam rangka hari Diabetes Sedunia yang jatuh pada tanggal 14 November 2017, Klinik AP&AP Pediatric, Growth, and Diabetes Center memberikan edukasi seputar penanganan diabetes terutama pada anak melalui pemberian edukasi pada masyarakat sehingga kesadaran masyarakat akan resiko penyakit diabetes pada anak akan meningkat.

Kunci kesuksesan terapi diabetes terletak pada baik atau tidaknya kontrol glukosa seorang penderita Diabetes Mellitus (DM). Kontrol glukosa yang baik dapat menghindarkan mereka dari penyakit-penyakit komplikasi. Metode Pemantauan Glukosa Darah Mandiri (PGDM) menjadi standar utama yang wajib dilakukan penyandang DM.

Continuous Glucose Monitoring (CGM) adalah sebuah terobosan teknologi yang revolusioner dalam pemantauan gukosa yang telah memberikan harapan baru bagi para penyandang diabetes. CGM menjadi dasar pengembangan teknologi lainnya yang mengarah pada tercapainya penemuan teknologi artificial pancreas, dimana para penyandang diabetes dapat menikmati hidup layaknya orang dengan fungsi pankreas yang sehat.

Teknologi CGM menggunakan sebuah sensor yang ditanam pada jaringan lemak bawah kulit pasien dan dihubungkan dengan sebuah alat portabel kecil yang berfungsi sebagai penerima sinyal. Alat ini digunakan untuk merekam data pengukuran glukosa pasien secara otomatis. Data pengukuran yang telah terekam dapat diunduh dan dijadikan laporan berupa grafik-grafik yang menunjukkan siklus glukosa harian pasien secara detail saat pasien mengonsumsi makanan tertentu maupun melakukan kegiatan tertentu. Laporan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi dokter untuk menyesuaikan terapi dan membantu meningkatkan kepatuhan pasien terhadap terapi (dengan lebih menjaga pola makan serta meningkatkan kewaspadaan terhadap aktivitas yang dapat mempengaruhi kadar gula darah).

Saat ini telah ada teknologi Real-Time Continuous Glucose Monitoring (RT-CGM) – suatu alat portabel yang dapat memantau pergerakan glukosa secara real-time dengan menggunakan gelombang frekuensi radio. Teknologi RT-CGM yang dikombinasikan dengan terapi insulin pump (pompa insulin) adalah standar baru dalam manajemen DM pada pasien yang menggunakan insulin eksternal. Data glukosa real-time memungkinkan pasien untuk dapat melakukan langkah korektif langsung pada pompa insulin sehingga terhindar dari risiko hiperglikemia maupun hipoglikemia. Teknologi terbaru pompa insulin telah memiliki fitur koreksi basal otomatis dimana pompa secara otomatis akan memberi dosis koreksi insulin ketika sensor CGM mendeteksi adanya peningkatan kadar glukosa maupun mengurangi atau bahkan menghentikan laju insulin basal ketika sensor CGM mendeteksi adanya penurunan kadar glukosa. Inilah masa depan dari teknologi manajemen Diabetes Melitus (DM).

Comments

comments

Klinik Anak AP&AP Jakarta © 2019. Website oleh Equitiga.

×

Pelayanan via WhatsApp didalam jam kerja:
Senin sd Jumat pkl. 10.00 - 17.00 WIB
Sabtu pkl. 10.00 - 12.00 WIB
Minggu dan hari libur tutup.

× klik disini untuk chat