Manfaat CGM Bagi Anak Dengan Diabetes

November 8, 2017
09.11.17.jpg

Professional CGM dan Manfaat Nyata Bagi Anak Diabetes

Professional Continuous Glucose Monitoring (CGM) adalah alat monitoring gula darah pasien yang didesain untuk digunakan oleh tenaga kesehatan professional. Penggunaan alat ini harus diawasi oleh dokter atau perawat, dan hasil laporan monitoring gula darah pasien dikonsultasikan kepada dokter yang menangani. Alat ini dapat memberikan laporan berisi data-data yang dapat dibaca oleh dokter yang sudah terlatih.

Alat Professional CGM menggunakan sebuah sensor yang tertanam di jaringan bawah kulit dan sebuah alat perekam portable. Alat ini akan merekam glukosa pasien secara otomatis setiap 5 menit selama 24 jam, dan dapat dipakai sampai dengan 6 hari penuh. Selama monitoring pasien diminta untuk melakukan aktivitas seperti biasa, dengan tetap melakukan pengecekan Gula Darah Sewaktu (GDS) sebanyak 3-4 kali per hari untuk keperluan kalibrasi data, dan mencatat setiap konsumsi makanan/minuman maupun aktivitas fisik yang dilakukan. Hasil rekaman glukosa kemudian diunduh menggunakan alat docking dan kabel USB ke komputer/laptop untuk digabungkan dengan catatan GDS, konsumsi makanan/minuman, dan kegiatan pasien. Data ini akan diolah menjadi suatu paket laporan hasil  .

Laporan hasil monitoring ini akan mengungkap berbagai hal yang selama ini tersembunyi pada metode pemantauan tradisional, seperti fluktuasi glukosa, pola glikemi berulang, dan juga hipoglikemia/hiperglikemia yang tidak disadari. Dengan demikian, dokter yang merawat mampu melihat lebih detail kondisi yang dialami pasien dan dapat memberikan saran-saran maupun penyesuaian dosis pengobatan yang lebih tepat sasaran dan akurat. Pasien juga akan dapat melihat secara visual dampak dari aktivitas maupun konsumsi makanan/minumannya terhadap glukosa darahnya, sehingga dapat lebih berhati-hati dalam memilih makanan/minuman yang dikonsumsi dan lebih patuh menerapkan saran-saran dari dokter. Tidak hanya itu, melalui hasil laporan monitoring ini diharapkan dokter dan pasien dapat saling lebih memahami tantangan yang dihadapi masing-masing pihak dan dapat bekerja sama lebih baik dalam mencapai tujuan manajemen diabetes.

     
    Tanyakan pada dokter Anak Anda tentang pemantauan CGM apabila Anak Anda sering atau pernah mengalami hal-hal berikut:

  • Hasil pemeriksaan HbA1c anak saya tidak membaik padahal anak saya sudah makan lebih sehat
  • Tes Gula Darah Sewaktu anak saya membaik tapi hasil pemeriksaan HbA1c saya tidak
  • Apakah pengobatan anak saya sekarang sudah tepat dan berhasil ?
  •  

Comments

comments

Klinik Anak AP&AP Jakarta © 2019. Website oleh Equitiga.

×

Pelayanan via WhatsApp didalam jam kerja:
Senin sd Jumat pkl. 10.00 - 17.00 WIB
Sabtu pkl. 10.00 - 12.00 WIB
Minggu dan hari libur tutup.

× klik disini untuk chat