FAKTA TENTANG VAKSIN MR YANG WAJIB DIKETAHUI

August 17, 2017
18.08.17-1.jpg

FAKTA TENTANG VAKSIN MR YANG WAJIB DIKETAHUI

 

  1. Vaksin MMR mencegah penyakit penyakit mumps (gondongan), measles (campak) dan rubella, sedangkan Vaksin MR untuk mencegah penyakit measles (campak) dan rubella. Kedua vaksin sama baiknya namun penggunaannya akan menyesuaikan dengan insiden penyakit di negara tersebut. Saat ini yang menjadi masalah di Indonesia adalah campak dan rubella, sehingga diputuskan untuk melaksanakan kampanye imunisasi MR.

 

  1. Vaksin MR yang digunakan sangat aman dan berkualitas, karena sudah mempunyai ijin edar dari BPOM, mendapatkan pra qualifikasi dari badan kesehatan dunia (WHO) dan digunakan sejak tahun 1989 di lebih dari 140 negara, termasuk negara Islam, dan lebih dari 1 miliar dosis.

 

  1. Secara umum vaksin MR sangat aman, seperti pemberian imunisasi lainnya, dapat timbul nyeri ringan pada lokasi tempat suntikan 24 jam setelah vaksinasi. Demam ringan dapat terjadi pada 5-15% penerima vaksin yang timbul pada hari ke 7 sampai hari ke 12 setelah vaksinasi. Demam ringan dapat terjadi selama 1 sampai 2 hari. Ruam (kemerahan pada kulit) dapat terjadi sekitar 2% timbul pada hari ke 7 sampai ke 10 setelah vaksinasi dan berlangsung selama 2 hari. Nyeri sendi dapat terjadi sebanyak 0-3% pada anak-anak.

 

  1. Pemberian vaksin MR agar ditunda apabila anak menderita demam tinggi, flu berat, diare berat atau bila anak tidak sehat dapat berkonsultasi ke petugas kesehatan.

 

  1. Sampai saat ini tidak ada bukti yang menunjukan bahwa imunisasi jenis apapun dapat menyebabkan Autisme.

 

  1. Vaksin MR dalam kampanye imunisasi Nasional ini diberikan pada bayi usia 9 bulan sampai dengan kurang dari 15 tahun

 

  1. Vaksin MR program Pemerintah yang dimulai pada Agustus 2017 aman diberikan lagi tanpa memperhitungkan status imunisasi sebelumnya.

 

  1. Vaksin MR diberikan pada bayi usia 9 bulan sampai dengan kurang dari 15 tahun, dan tidak boleh diberikan pada wanita hamil.

 

  1. Vaksin MR dapat diberikan secara bersamaan dengan vaksin lainnya seperti vaksin DTP, HEP B, HIB, TT, Td, DT, OPV, dan IPV.

 

  1. Jarak minimal pemberian vaksin MR dengan pemberian vaksin lain adalah 1 bulan.

 

Sumber : www.infoimunisasi.com

Comments

comments

Klinik Anak AP&AP Jakarta © 2019. Website oleh Equitiga.

×

Pelayanan via WhatsApp didalam jam kerja:
Senin sd Jumat pkl. 10.00 - 17.00 WIB
Sabtu pkl. 10.00 - 12.00 WIB
Minggu dan hari libur tutup.

× klik disini untuk chat