Masih Ragu Akan Manfaat Dari Imunisasi ?

February 8, 2018

Bayi yang baru lahir sudah diberkahi antibodi yang berasal dari sang ibu yang didapat saat masih di dalam kandungan, tapi sayangnya antibodi ini hanya bertahan dalam waktu singkat yakni beberapa minggu atau bulan sajaSetelah itu, bayi akan menjadi mudah terserang berbagai penyakit dan mulai memproduksi antibodi sendiri.

Untuk mencegah kemungkinan si bayi terserang  berbagai penyakit, maka orang tua wajib memberikan imunisasi. Program imunisasi merupakan langkah untuk mencegah penyakit menular dengan cara memberikan vaksin pada seseorang sehingga tubuhnya resisten terhadap penyakit tertentu.

Imunisasi adalah pemberian vaksin (antigen) yang merangsang pembentukan imunitas (antibodi) dari sistem imun di dalam tubuh. Manfaat imunisasi bagi anak adalah sebagai upaya untuk menghindari terjadinya sakit atau kejadian yang mengakibatkan seseorang sakit atau menderita cedera dan cacat. Adapun manfaat lainnya yang dirasakan seorang anak adalah sebagai kekebalan atau imunitas tubuh terhadap ancaman penyakit dan pertahanan tubuh yang terbentuk oleh beberapa vaksin akan dibawa seumur hidupnya.

Secara tidak langsung, manfaat imunisasi juga bisa menekan pengeluaran atau menghemat biaya kesehatan. Pemberian imunisasi dimulai sejak usia bayi.

             Lewat imunisasi bayi akan diberikan vaksin yang diisi dengan jenis bakteri atau virus tertentu yang sudah dilemahkan atau dinonaktifkan untuk membentuk antibodi dan merangsang  sistem imun di dalam tubuh si anak. Cara untuk memberikan vaksin dalam imunisasi bervariasi, mulai dari disuntikkan, ditetesi ke dalam mulut. Ada vaksin yang hanya diberikan satu kali seumur hidup dan ada pula yang yang diberikan secara rutin agar kekebalan tubuh si anak terbentuk dengan baik dan siap menghadapi berbagai serangan penyakit. Reaksi yang serius sangat jarang terjadi, jauh lebih jarang dari pada komplikasi yang timbul apabila terserang penyakit tersebut secara alami. Reaksi yang ditimbulkan setelah imunisasi biasanya masih termasuk ringan seperti demam, pusing, hilang nafsu makan, mual, nyeri atau berbekas kemerahan dibagian yang disuntik.

Bagi para orang tua ada baiknya mempertimbangkan kembali manfaat imunisasi yang efeknya lebih berjangka panjang dari pada hanya melihat efek sampingnya.

Terdapat beberapa jenis vaksin yang wajib diberikan untuk anak Anda sesuai rekomendasi Ikatan Dokter Anak Indonesia yaitu Hepatitis B, Polio, BCG, DTP, Hib, PCV, Rotavirus, Influenza, Campak, MMR, Tifoid, Hepatitis A, Varisela, HPV dan Japanese Enchepalitis.


 

Comments

comments

Klinik Anak AP&AP Jakarta © 2019. Website oleh Equitiga.

×

Pelayanan via WhatsApp didalam jam kerja:
Senin sd Jumat pkl. 10.00 - 17.00 WIB
Sabtu pkl. 10.00 - 12.00 WIB
Minggu dan hari libur tutup.

× klik disini untuk chat