SEPUTAR ORI (Outbreak Response Immunization) DIFTERI

January 10, 2018
11.01.2018.jpg

SEPUTAR ORI (Outbreak Response Immunization) DIFTERI

 

Anda tinggal di wilayah yang termasuk area ORI, maka Anda sangat perlu melakukan vaksinasi difteri ulang.

 

Saat ini, Sasaran ORI adalah anak usia 1 tahun sampai dengan <19 tahun, diberikan vaksin DPT atau DT atau Td sesuai usia dan dilakukan pada sarana kesehatan pemerintah (Posyandu, Puskesmas, RS Pemerintah).

Untuk orang tua dan dewasa di wilayah ORI yang usianya >19 tahun tetap dianjurkan vaksinasi dengan skema ORI (0,1,6 bulan). Vaksinasi dapat dilakukan di RS/Klinik/Praktek Swasta, namun dengan biaya swadaya/mandiri.

 

Jika Anak dan Orangtua berasal dari wilayah yang TIDAK termasuk wlayah ORI dan ingin vaksinasi difteri, maka :

A.JIKA IMUNISASI BELUM LENGKAP, maka : LENGKAPILAH imunisasi sesuai usia yang diperlukan. Sampai usia 1 tahun minimal 3 dosis DPT. Sampai usia 2 tahun minimal 4 dosis DPT. Sampai usia 5 tahun minimal 5 dosis DPT. Sampai usia <19 tahun minimal 7 dosis DPT. Untuk usia >19 tahun minimal sudah mendapat vaksin yang mengandung difter dalam 10 tahun terakhir.

B.JIKA IMUNISASI SUDAH LENGKAP SESUAI USIA, maka : Jika orangtua menghendaki, dapat diberikan boster ekstra minimal 1 dosis.

C.ORANGTUA DAN DEWASA APAKAH PERLU VAKSIN DIFERI JUGA? : YA, orangtua dan dewasa yang sudah lebih dari 10 tahun belum mendapat vaksin difteri, maka diberikan 1 dosis vaksin Td/Tdap.

 

Sumber : Kementrian Kesehatan dan IDAI

Comments

comments

Klinik Anak AP&AP Jakarta © 2019. Website oleh Equitiga.

×

Pelayanan via WhatsApp didalam jam kerja:
Senin sd Jumat pkl. 10.00 - 17.00 WIB
Sabtu pkl. 10.00 - 12.00 WIB
Minggu dan hari libur tutup.

× klik disini untuk chat